Ichitara’s Weblog











{Oktober 11, 2009}   Sistem Informasi

Hasil Pengamatan Sistem Informasi Warnet

1. Input
Sever
Data- data Inputan pada server berupa User Name dan Password. Hal ini dilakukan untuk mengamankan data- data warnet dan hanya di ketahui oleh 2 Operator.

Client
Terdiri dari 10 komputer Client dan data- data yang harus di input ketika login sbb:
Login Personal:
• User Name
• Pilihan Waktu
Login Paket:
• User Name
• Pilihan Paket

2. Output
Server
Output pada server berupa lembar kerja excel yang sudah dirancang untuk laporan manual. Lalu menggunakan juga aplikasi Billing Explorer untuk memantau kegiatan client dan memberi laporan mulai waktu sampai keuangan. Aplikasi ini memiliki beberapa Tab, sbb:
• General: berisi nomor PC, User name client, Status aktif atau tidak, Waktu mulai, Durasi, Biaya, Jenis pemakaian, Discount, Total, Transaksi dan Sisa Account.
• Client connection: memperlihatkan koneksi client dengan Internet Server, apabila terhubung berwarna hijau dan jika tidak berwarna merah.
• Log message: Pada tab ini mencatat semua kegiatan komoputer client dari awal diaktifkan, dalam bentuk laporan yang terdiri dari: PC client, Nama User dan biaya.
• Explorer: Memperlihatkan jaringan client, yang ditandai jika sedang digunakan akan bergambar lampu jika tidak bergambar computer.
• Active client: menunjukkan mana saja computer yang active, printed, ready dan clear.

Client
Output yang keluar pada layar client berupa billing yang terhubung dengan server, terdiri dari:
Nomor PC client,Waktu Mulai,Durasi yang telah berjalan,Biaya,Total biaya dan Account.

3. Prosedur
Dalam hal ini apabila seorang client ingin menggunakan PC, harus mengkonfirmasikan terlebih dahulu ke operator server agar PC yang diinginkan diaktifkan sistemnya terutama billing. Lalu client diminta memasukkan User Name dan menentukan waktu berapa lama ia akan menggunakan melalui login billing client.

Lalu data tersebut secara otomatis akan terhubung pada aplikasi billing explorer pada computer server. Dalam hal pencatatan data, server juga menggunakan laporan manual menggunakan lembar kerja Excel yang sudah di desain hanya beberapa kolom saja yang diisi, tergantung jasa yang digunakan client.

4. Pelaku
Yang menjalankan system warnet ini terdiri dari 2 Operator dan masing- masing hanya memiliki satu user name dan password sebagai Admin.

5. Laporan
Laporan yang diberikan pada operator berupa laporan durasi waktu dari client, keuangan, banyaknya pelanggan dan jumlah pemakaian jasa lain seperti mengeprint, pembelian CD dll, yang setiap harinya tercatat dalam billing manual di Excel.

6. Cara Kerja Sistem
Ada 4 komponen utama yang terdapat pada suatu jaringan, yaitu sender (pengirim data informasi), protokol (yang meng-encode dan men-decode data informasi), media transmisi (medium transfer data), dan receiver (penerima data informasi).

Prinsip kerjanya, pertama-tama sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

a. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.

b. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi
Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

c. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data
Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh computer client

d. Berdasarkan media transmisi data
Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Iklan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: